Breaking News

Reses, Muhammad Yudi Kotouky Blusukan ke Papua


Muhammad Yudi Kotouky (ke-2 dari kanan) disambut Ketua DPW PKS Papua Ichwanul Muslimin (paling kanan), didampingi Staf Ahli DPR RI Herditho (paling kiri) dan Sekum PKS Papua Dadi Waluyo (ke-2 dari kiri)

Memanfaatkan masa resesnya, Anggota DPR RI Dapil Papua dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Yudi Kotouky  melakukan blusukan ke Papua. Sebelum turun langsung ke tengah-tengah masyarakat, Kotouky melakukan silaturahim terlebih dahulu kepada pimpinan PKS Papua dan diterima langsung oleh Ketua DPW PKS Papua, Ichwanul Muslimin didampingi oleh Sekum PKS Papua Dadi Waluyo di Kantor PKS Papua di Kotaraja, Jayapura Papua.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Kotouky untuk melaporkan perkembangan agenda pembelaan masyarakat di parlemen sekaligus menyerap informasi dari pimpinan PKS Papua sebelum turun ke tengah-tengah konstituennya.

Kotouky menyampaikan bahwa dirinya ditempatkan oleh Fraksi PKS di posisi yang sesuai dengan harapannya, yakni di Komisi II. Komisi ini yang salah satunya membidangi masalah pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, dinilainya sangat sesuai dengan visinya yang ingin terus mengawal jalannya otonomi khusus di Papua agar daerah ini bisa mengejar ketertinggalannya dari daerah-daerah lain. Menurutnya, saat ini di sejumlah daerah di Papua perkembangannya sangat pesat terutama di daerah pesisir, namun tidak demikian dengan daerah pedalaman dan pegunungan. Kotouky berharap keberadaannya di parlemen bisa mengawal otonomi khusus ini agar bisa mempersempit jurang pembangunan antara daerah pesisir dan pedalaman Papua.

Kotouky juga bercerita bagimana ia telah menjadikan kantornya sebagai rumah kedua bagi warga Papua yang mengadu ke Jakarta. Hampir setiap hari ada saja tamu yang berasal dari Papua ingin bertemu dengan dirinya. Kotouky pun selalu menyediakan waktu untuk mendengar aspirasi mereka yang datang.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Papua, Ichwanul Muslimin menyampaikan rasa bahagianya bisa mengantarkan warga asli Papua untuk duduk di Parlemen. Ichwanul menyampaikan bahwa saat ini Muhammad Yudi Kotouky adalah satu-satunya perwakilan PKS dari Papua, sehingga bisa dikatakan bahwa Kotouky adalah corong PKS Papua di level nasional. Ichwanul pun memesankan agar Kotouky bisa membawa nama baik PKS Papua.


Pasca pertemuan yang berlangsung pada Selasa (16/12/2014) itu, Kotouky langsung bertolak untuk blusukan ke Nabire dan Dogiyai, dua kabupaten yang lekat dengan dirinya. Di Nabire yang merupakan tanah tempat kelahirannya, ia dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu pendiri Pondok Pesantren Assaptia. Sementara, di Dogiyai ia dikenal sebagai Pembina Masyarakat Muallaf. Bahkan, masyarakat Papua telah sejak lama berhubungan dengan Kotouky. Pasalnya, rumahnya di Bogor seolah telah menjadi rumah kedua bagi masyarakat Papua yang berkunjung ke Jabodetabek dan sekitarnya. Ia telah menyiapkan bangunan yang terdiri dari banyak kamar yang kapan pun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Papua yang membutuhkan tempat tinggal.

Tidak ada komentar