Breaking News

Yudi Kotouky: Bangun Smelter di Luar Papua, Freeport Tutup Saja

Muhammad Yudi Kotouky (3 dari kanan) ketika melakukan kunjungan ke Dogiyai, Papua
Sepuluh anggota DPR RI asal daerah pemilihan Papua berencana membentuk kaukus untuk merespon banyaknya persoalan di Papua yang belum tertangani. Salah satu masalah yang sedang mengemuka adalah pembangkangan Freeport untuk tidak membangun smelter di Papua.

Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Yudi Kotouky. Menurut Yudi kaukus tersebut akan diresmikan pada Jumat (06/02/2015) pekan ini.

"Ini agar bisa merespon permasalahan warga lebih cepat, tidak hanya tergantung dari pihak lain," ungkap Yudi, Senin (02/02/2015).

Dalam banyak masalah di Papua, menurut Yudi, masyarakat masih belum dilibatkan dalam menanganinya.

"Misalnya masalah Freeport yang sekarang sedang ramai-ramainya dibicarakan, tapi masyarakat kurang dilibatkan. Masih banyak masalah lain yang tidak tertangani. Kita ingin lebih berperan dalam masalah Papua," tegasnya.

Yudi menilai bahwa keuntungan dari Freeport lebih banyak dinikmati pemerintah pusat. Sementara masyarakat dan wilayah Papua justru tertinggal dan tidak diperhatikan.

Dia makin tidak mengerti rencana Freeport yang akan membangun smelter di luar Papua. Menurutnya ini langkah tidak tepat.

"Gali sumber daya alam di tanah Papua, kenapa mau bangun smelter di luar Papua. Mestinya di Papua juga smelternya. Kalau mau bangun di luar Papua, Freeport harus ditutup saja," pungkas Yudi. (ts)

Tidak ada komentar