Latest News
Senin, 31 Agustus 2015

Bantu Petani, Kader PKS 'Jualan' Tomat di Car Free Day


Massa dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta 'menjual' tomat di Car Free Day, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Aksi yang bertajuk #SavePetaniTomat ini sebagai wujud keprihatinan atas anjloknya harga tomat di pasaran.

Koordinator Aksi Iksan Fadillah menyatakan, pihaknya membeli tomat langsung dari petani di daerah seharga Rp 2.500 per kilogram kemudian menjualnya seharga Rp 5.000 per kilogram.

"Kita kemarin ambil 6 ton, kerja sama dengan petani tomat dari daerah, kita petik beli di harga Rp 2.500 per kilogram, padahal saat ini harganya di pasaran Rp 1.000-1.500 per kilogramnya," kata Iksan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (30/8/2015).

Menurut dia, aksi tersebut bertujuan membantu petani tomat di daerah yang nasibnya memprihatinkan karena anjloknya harga tomat saat ini.

"Saat ini petani tomat sedang mengalami kerugian karena harga jual yang anjlok hingga Rp 300 per kilogram padahal biasanya harganya di atas Rp 2.500 per kilogramnya," ujar Iksan.

Pihaknya berharap, pemerintah segera mengambil langkah-langkah strategis membantu petani agar harga tomat kembali normal. PKS, kata Iksan, juga sangat menanti kerja pemerintah agar dapat memperbaiki pola tanam petani tomat agar pasokan dan harga tomat bisa stabil sepanjang tahun.

"Minimal 3 komponen petani, pedagang, dan konsumen sangat berharap pemerintah bersinergi memperbaiki pola tanam, demi petani untuk menikmati hasil yang pantas," ucap Iksan. (Liputan6)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bantu Petani, Kader PKS 'Jualan' Tomat di Car Free Day Rating: 5 Reviewed By: Sunardi S.Pd.