Latest News
Jumat, 25 September 2015

Hidayat Nur Wahid: Idul Adha Ajarkan Agar Tak Egois dan Egosentris

 
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menjadi imam dan khatib shalat Idul Adha di Lapangan Yonzikon 14 /SWC, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (24/9).

Memaknai Idul Adha, menurut Hidayat bahwa Idul Adha adalah momentum dan intervensi agama yang sangat baik dan menyegarkan kembali semangat pengorbanan, yaitu berkorban untuk kepentingan yang lebih besar.

"Kita diajarkan untuk tidak berpikir egoistis, egosentris, ego kelompok, ego sektoral, maupun berpikir jangka pendek," katanya kepada pers usai shalat Idul Adha. Menurut Hidayat, Idul Adha lebih pada dimensi mashlahat yang lebih luas, lebih panjang, mengutamakan kepentingan umum. "Idul Korban mengingatkan kita bahwa beragama juga menguatkan dimensi sosial. daging kurban dibagikan untuk seluruh umat manusia," jelasnya.

Dari Idul Adha ini, lanjut Hidayat, beragama bisa menyatukan seluruh bangsa Indonesia karena dengan perayaan ini bisa menguatkan silaturahmi. "Ini penting di tengah beragam kekhawatiran MEA, krisis ekonomi," ujarnya.

Hidayat menambahkan, beragama bagi umat Islam, bukanlah menghadirkan hal yang menakutkan terorisme, ektremisme, tapi beragama yang menghadirkan kegembiraan, kenyamanan, solusi.

Hidayat juga berharap suasana nyaman bisa berlangsung di Tolikara Papua. "Ada kekhawatiran kasus Idul Fitri terulang lagi di sana. Tapi sudah ada jaminan dari Kapolri, Kapolda, Menko Polhukam bahwa shalat Idul Adha bisa diselenggarakan dengan aman dan damai," katanya.

Hidayat berpendapat mengganggu perayaan agama, apapun agamanya, tidak ada untungnya. "Keharmonisan harus kita jaga. Jangan sampai karena ektstremisme atau radikalisme satu kelompok mengakibatkan disharmoni. Ini tidak boleh," ucapnya. (Gatra)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Hidayat Nur Wahid: Idul Adha Ajarkan Agar Tak Egois dan Egosentris Rating: 5 Reviewed By: Nardi Papua