Breaking News

KPU Papua Nyatakan DPW PKS Papua Memenuhi Syarat Verifikasi Faktual

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyatakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Papua lolos  verifikasi faktual untuk menjadi calon peserta pemilu 2019 mendatang.

“Kami sudah melakukan ferivikasi faktual di Sekretariat DPW PKS Provinsi Papua. Hasilnya, kami memberikan status memenuhi syarat (MS) untuk ikut dalam kontestan pemilu 2019 mendatang,” kata Anggota KPU Papua, Tarwinto kepada wartawan usai melakukan verifikasi faktual, Senin (29/1/2018) siang.

Selain PKS, KPU Provinsi Papua juga menyatakan DPD Partai Gerindra Provinsi Papua yang berkantor di Padang Bulan, distrik Abepura-Kota Jayapura memenuhi syarat (MS)  dengan status menjadi peserta pemilu 2019.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Provinsi Papua, H Kusmanto mengatakan, verifikasi yang dilakukan KPU Papua sebagai tindaklanjut keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017 untuk melaksanakan verifikasi faktual terhadap seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019.

“Hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU Papua di sekretriat DPW Provinsi Papua  ini telah dinyatakan memenuhi syarat (MS),” kata Kusmanto kepada PapuaSatu.com saat ditemui di Sekretariat DPW PKS Papua, Entrop-Kota Jayapura, Senin (29/1/2018).

Kusmanto mengatakan, DPW PKS Provinsi Papua selalu tunduk dan taat pada regulasi yang ada sehingga ketika KPU Papua melakukan verifikasi faktual, maka pihaknya sudah siap. “Ya,  kami dinyatakan berkas adminsitrasi lengkap, mulai dari kepengurusan sampai pada keterwakilan perempuan 30 persen. Kami keterwakilan perempuan melampaui 30 persen,” katanya.

Kusmanto menegaskan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan DPW Partai Provinsi Papua adalah untuk memastikan pengurus  PKS ditingkat kabupaten/kota se Provinsi Papua, untuk siap ikut dalam kontestan pemilu 2019, baik itu Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Presiden yang akan datang. “dari 29 kabupaten/kota ada 28 kabupaten dan yang  akan melakukan verifikasi faktual,” katanya.

Kendati demikian, anggota DPR Papua ini sangat optimis bahwa Partai PKS di tingkat kabupaten dan kota memenuhi syarat yang ikut verifikasi faktual. “Fokus kami sekarang bagaimana mengadvokasi teman-teman kita di kepengurusan partai tingkat kabupaten, khusnya di daerah-daerah yang sulit dijangkau,” tukasnya.

Sumber: Papuasatu.com

Tidak ada komentar