banner 728x250
MIMIKA  

RKI Gelar NGETIK Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Pelecehan Perempuan dan Anak

banner 120x600
banner 468x60

Papua.pks.id – Mimika, Rumah Keluarga Indonesia (RKI) DPD PKS Kab Mimika pada hari Minggu (13/03/2022) telah menggelar podcast online dalam bingkai Ngobrol Emak Timika (NGETIK) bertemakan Women Suport Women Pencegahan Dini Tindak Pelecehan Terhadap Perempuan dan Anak. Menghadirkan nara sumber yang berkompeten yaitu Bpk Andarias Nauw, SH koordinator P2TP2A Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab Mimika dan Ibu Suraya Madubun, S.E,M.Si sekretaris KNPI Kab Mimika.

Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir tingkat pelecehan seksual terus meningkat. Ini hal yang sangat memprihatikan. Oleh karena itu perlu kerjasama dari semua pihak. P2TP2A selama ini sudah berupaya melaksanakan tugasnya dengan baik mulai dari pencegahan pelecehan seksual, pendampingan medis, spikologis dan bantuan hukum hingga kasus tersebut bisa tertangani dengan baik.

banner 325x300

Sosialisasi di masyarakat sangat penting agar dapat menghindari terjadinya pelecehan seksual yang bisa berakibat fatal terlebih lagi terhadap anak di bawah umur yang masih dibangku sekolah. Oleh karena itu KNPI akan bekerjasama dengan P2TP2A akan melakukan penyuluhan di sekolah-sekolah di Kab Mimika.

Namun jika sudah terjadi kasus pelecehan seksual maka diharapkan korban tidak merasa takut atau malu untuk melaporkan ke pihak berwajib kepolisian atau ke P2TP2A Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yg akan mendampingi dan mengawal kasus tersebut hingga tuntas.

Salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah kepala dinas dukcapil kabupaten Mimika beliau memberikan tanggapan bahwa siap diajak kolaborasi bersama oleh P2TP2A bagi korban untuk mendapatkan surat surat bukti kependudukan.

Harapannya kegiatan ini adalah titik awal bukan titik akhir dalam pencegahan dan penanganan kasus pelecehan Perempuan dan Anak

banner 325x300